Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara-Guru Penggerak
Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Pada tahun 2020 ini saya berkesempatan dan mendapat pengalaman berharga untuk berpartisipasi dalam pendidikan calon guru penggerak angkatan I. pada kesempatan ini saya ditugaskan untuk membuat sebuah artikel yang terkait dengan menggambarkan kaitan antara materi-materi dalam modul pemikiran Kihajar Dewantara terkait dengan Pendidikan, dan juga kaitan dengan dengan modul-modul yang sudah saya pelajari sebelumnya.
Disini saya akan menjawab beberapa pertanyaan yang terkait dengan kesimpulan dan refleksi seterlah membaca dan memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara terkait pendidikan.
1. Apa yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran di kelas sebelum saya mempeajari modul.
Yang saya percaya tentang murid dan pembelajaran pada awalnya seperti gambar di bawah ini!
· Menata kelas menjadi kelas yang nyaman, dan menyenangkan bagi siswa untuk setiap hari menjadi tempat belajar mereka.
· Selalu berkomunikasi dan bermusyawarah serta menjadlin kedekatan emosional dengan semua individu siswa di kelas. Untuk menggali informasi agar dapat mengetahui potensi yang dimiliki masing masing anak.
· Menetapkan aturan bersama di kelas dan di luar kelas yang harus disepakati mereka. Dengan konsekwensi jika melanggar aturan yang mereka sepakati.
· Membudayakan literasi bagi siswa setiap harinya.
· Mambawa permainan permainan daerah yang terkait dengan materi kedalam proses belajar mengajar, sehingga belajar bisa jadi menyenangkan.
· Merancang pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.
· Menyediakan ekosistem pendidikan yang mendukung segala potensi yang ada pada siswa
· Memberikan lingkungan sekolah yang menyenangkan, sehingga siswa merasa terpanggil untuk datang dan merasa rindu untuk bersekolah setiap harinya
Komentar
Posting Komentar